Khatulistiwa adalah sebutan untuk bermacam-macam kehidupan, daratan, tumbuhan, makanan, bangsa, biotik, abiotik, sinar mathari yang melimpah, hujan yang melimpah dan...kehidupan yang bervariatif. Sungguh bervariasi, menarik, beragam, sama halnya juga dengan blog-ku ini.

Blogger news

Rabu, 23 Januari 2013

Catatan: Panti Asuhan


Panti Asuhan adalah rumah tempat memelihara dan merawat anak yatim atau yatim piatu dsb. (Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/panti%20asuhan/mirip#ixzz2LuDpmC7k). 
Sejauh ini pengertian panti asuhan adalah tempat memelihara anak yatim, piatu, maupun yatim piatu. Namun, pada kenyataannya panti asuhan dijadikan tempat untuk menampung/ merawat/ mendidik anak-anak baik yatim/ piatu/ yatim piatu maupun fakir/ miskin. Semua ditampung dalam tempat yang namanya panti asuhan. Memang tidak menjadi persoalan, karena memang anak-anak yang tinggal di dalamnya membutuhkan bantuan kita. Namun, alangkah lebih baiknya jika penanganan terhadap anak-anak itu dibedakan tempatnya.

Tempat tinggal yang berbeda antara anak-anak yatim/ yatim piatu dengan anak-anak fakir/miskin juga akan membedakan cara penanganannya. Berbeda cara pendidikan dan pendekatan terhadap mereka. Selain itu, juga membantu para donatur untuk memberikan dana infak/ sodaqoh/ zakat-nya yang lebih prioritas. Apakah donatur ingin memberikan pada anak-anak yatim/ yatim piatu atau pada anak-anak fakir/ miskin? (Yang dimaksud anak-anak yatim/ yatim piatu di sini tentu yang membutuhkan bantuan kita/ belum mandiri).

Menurut penulis, panti asuhan selain tempat berteduh/ berumah anak-anak yatim/ yatim piatu juga merupakan tempat mendidik anak-anak secara moral, agama, budaya, dan etika. Hal ini penting dilakukan, agar anak-anak tidak hanya cerdas akademik, tapi juga non akademiknya, terutama ketika mereka berhadapan dengan orang lain/ sosial dan kehidupan di luar panti.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

  1. karena manusia adalah wajib peduli dan sadar sbagai makhluk sosial... lanjut dan semangat.... ^-^

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Khatulistiwa ON-LINE
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top